apa itu beton bertulang?, pengertian beton bertulang, pengertian beton, yang dimaksud beton, kumpulan materi beton, makalah beton bertulang teknik sipil



BETON BERTULANG



  • Pengertian Dasar
Beton adalah baru buatan yang kuat sekali menerima tekanan,  tetapi sangat lemah apabila menerima gaya tarik. Jadi sifat sifat beton sangat baik apabila hanya menerima gaya tekan, seperti pada kolom suatu bangunan. 

 Akan tetapi, segera setelah beton tersebut menerima lenturan, seperti pada balok atau pelat, akan timbul sifat-sifat yang lain yang tampak seperti pada karet busa. Terlihat pada gambarbahwa pada satu sisi lubang-lubang porinya tertekan, sedangkan pada sisi yang lain lubang-lubang tersebut tertarik. Daerah Yang tertekan terletak pada bagian dalam pusat lengkung M, sedangkan bagian yang tertarik terletak pada sebelah luarnya.

 Karena beton sangat lemah dalam menerima gaya tarik, beton tersebut tidak mampu menerima gaya tarik tersebut dan akan terjadi retak-retak yang makin lama makin dalam sampai pada suatu ketika elemen beton tersebut akan pecah.

 Untuk menjaga retak lebih lanjut serta pecahnya balok tersebut, diperlukan pemasangan tulangan-tulangan baja pada daerah dimana beton tersebut diperkirakan akan mengalami retak-retak. Alasan mengapa menggunakan tulangan baja ialah karena sangat baik dan mampu menerima gaya tarik. Tetapi, sayang sekali harga baja sangat mahal.

 Pada beton bertulang kita memanfaatkan sifat-sifat baik beton dalam menerima tekanan dan murah, serta memakai tulangan baja yang lebih mahal hanya pada daerah-daerah yang menerima gaya tarik.

Perlu diketahui bahwa pada beton bertulang tulangan-tulangan baja tersebut tidak mencegah retakan-retakan pada daerah beton bertulang yang menerima tarikan tetapi hanya mencegahnya dari retakan-retakan yang lebih besar (yang dapat terlihat jelsa dengan kaca pembesar dan mikroskop) sehingga mencegah elemen beton tersebut dari kehancuran.

loading...

0 komentar

Popular Posts